4 Cara Merawat Furniture Agar Awet dan Tahan Lama


Merawat furniture memerlukan setidaknya pengetahuan dasar mengenai jenis dan material yang digunakan,

Melakukan perawatan pada furniture diperlukan agar bisa bertahan lama serta tak mudah rusak. Cara merawatnya juga berbeda-beda tergantung dari jenis material yang digunakan. Furniture kayu, logam, metal, kaca, dan lainnya membutuhkan perawatan khusus dan spesifik.

Perawatan yang baik terhadap furniture bisa menghemat sejumlah pengeluaran, dan usia furniture yang kalian gunakan juga akan bertahan lama sehingga tak memerlukan biaya ekstra untuk membeli yang baru.

Cara Merawat Furniture Yang Baik Agar Tahan Lama

Cara Merawat Furniture Yang Baik Agar Tahan Lama

Namun, belum banyak orang yang mengetahui bagaimana cara untuk melakukan perawatan terbaik pada furniture sesuai dengan jenis yang banyak digunakan.

Kalian juga bisa membuat furniture ini lebih awet dan juga lebih tahan lama. Nah, untuk mempermudah kalian, di bawah ini kami akan memberikan beberapa tips dan cara untuk merawat furniture.

1.Furniture Berfinishing Melamik / Duco

Furniture Berfinishing Melamik / Duco

Furniture dengan finishing melamik atau duci dapat dirawat dengan cara membersihkannya menggunakan kain lap atau kemoceng.

Jangan menggunakan cairan atau bahan kimia tertentu karena jenis ini akan lebih mudah rusak jika terkena bahan kimia. Cukup gunakan lap basah untuk membersihkannya.

2.Perawatan Sofa

Perawatan Sofa

Ada banyak jenis sofa yang bisa kalian pilih dengan pertimbangan perawatan yang mudah, misalnya sofa dengan upholstery yang bisa dilepas dari bantalannya.

Dengan model seperti itu, sofa yang terlihat kusam dan kotor akan lebih mudah kalian cuci karena bahan pelapis yang bisa dilepas dan dipasang kembali.

3.Furniture Berfinishing Pelitur

Furniture Berfinishing Pelitur

Kebalikan dari jenis furniture melamik atau duco, furniture berpelitur harus menggunakan cairan kimia khusus untuk membersihkannya.

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan instruksi pemakaian pada cairan kimia tersebut agar bisa berfungsi secara maksimal.

4.Furniture Berbahan Kayu

Furniture Berbahan Kayu

Cara menangani furniture yang terbuat dari kayu harus berhati-hati. Misalnya kalian ingin memindahkan kursi dari kayu, maka kalian harus mengangkat kursi kayu dengan benar.

Yaitu dengan mengangkat bagian tepat duduknya bukan digeser atau diangkat di bagian sandarannya saja.

Jika menggunakan kayu jati, kalian harus memolesnya secara utin dengan cairan minyak jati agar furniture tetap mengkilap, menawan, dan semakin antic.

Rajin-rajinlah membersihkannya cukup dengan menyapu dan mengelap bagian permukaan meja kayu, mabel kayu, kursi kayu, maupun furniture lainnya dengan lap lembut maupun kemoceng secara merata.

Berikan –pula perhatian pada bagian yang sulit dibersihkan misalnya pada bagian ukir-ukiran. Gunakan pledge untuk membersihkan furniture berbahan kayu baik kayu jati maupun kayu lain.

Caranya adalah dengan menyemprotkan pledga ke permukaan furniture kayu, baik mebel, kursi, meja, dan lain-lain.

Semprotkan seperlunya saja dan jangan lupa untuk menyemprot bagian sela-sela furniture dengan plegde berkualitas baik.

Untuk menjaga keindahan warna kayu dan memperpanjang usia proteksi dari lapisan coating, kalian bisa menggunakan biopolis untuk memoles lapisan furniture kayu.

Itulah beberapa cara dan tips untuk selalu menjaga furniture di rumah kalian agar tetap bagus dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Dengan merawat mereka, kita secara tidak langsung juga mengurangi pengeluaran yang tidak perlu seperti membeli furniture baru.

Selain itu, furniture yang dirawat juga lebih aman digunakan karena tidak mudah rusak / patah. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat terumata bagi kalian yang belum mengerti cara untuk merawat furniture.